Minggu, 17 Februari 2013

Modernisasi dan menerbitkan buku


Kemajuan teknologi, globalisasi atau apapun namanya membawa banyak kontribusi dalam kehidupan kita, baik yang buruk maupun yang baik. Saya tidak sedang membahas tentang semua efek sampingnya ko. Saya cuma sedang melihat efeknya ( entah baik atau buruk ) terhadap dunia penerbitan buku.

Modernisasi membuat menerbitkan buku tidaklah sekompetitif dahulu. Semua orang bisa menerbitkan buku. Penerbit-penerbit kecil menyebar secara sporadic  dan bahkan sekarang kita bisa menerbitkan buku secara pribadi dengan online.

Bukannya saya tidak senang dengan kenyataan ini. Ini adalah fakta yang baik, semua orang bisa berekspresi, semua orang bisa menyalurkan kreativitasnya. Tapi seperti yang saya katakan tadi, ada fakta lain, yaitu menerbitkan buku sendiri menjadi jauh lebih mudah. Tidak ada kompetisi. Tidak ada kesulitan berkali-kali ditolak penerbit. Tidak ada kesulitan belajar mencari formula menulis yang bagus. Dan ini berarti semua buku, jelek maupun bagus ada di mana-mana. Waktu saya SD, ketika zaman belum semodern ini, kompetisi dalam penerbitan buku menghasilkan buku-buku berkualitas di pasaran. Yah, kita memang tidak bisa menolak efek dari kemajuan teknologi ini sih.

Tapi hal baiknya, dengan mudahnya menerbitkan buku bagus maupun jelek, modernisasi juga memberikan kesempatan belajar kepada para books addict untuk lebih selektif lagi dalam memilih bacaan. 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Blog Design By Use Your Imagination Designs With Pictures from Pinkparis1233
Use Your Imagination Designs