Selasa, 26 Februari 2013

Cinta Sejati

Kunjungan wajib ke rumah nenek dan datuk ( kakek dalam bahasa Lampung ) saya kemarin memberikan pemahaman baru bagi saya. Sebenarnya bukan suatu hal yang baru, namun otak dan kepala saya yang keras ini susah sekali menerima teori-teori yang belum saya lihat sendiri pembuktiannya. Dan kemarin ketika saya sedang mengukur tekanan darah nenek dan datuk saya, mengecek hasil periksa laboratorium mereka, mengecek obat-obat mereka saya tersadar bahwa di depan saya sedang disuguhkan oleh Tuhan sebuah contoh cinta sejati.

Jelas buka cinta sejati ala Shakespeare, ini cinta sejati yang sebenarnya. Hidup dan menua bersama. Hal ini juga menambah pemahaman baru bagi saya. Bahwa benar orang tua bijak bilang bahwa, tak usahlah kau memilih pasangan hidup karena hal-hal dunawi.

Oh ya benar, orang tua kita tak salah, mengapa kita tidak boleh mengutamakan standar-standar dunia dalam memilih pasangan hidup, karena waktu dengan kejam secara perlahan-lahan tanpa ampun akan mengambil semua standar itu.

Misalnya saja kau bilang kau suka pasanganmu karena ia tampan. Oh, dear. Di usia 60an semua kakek nenek sama saja. Susah membedakan mana yang tampan atau tidak. Atau kau bilang kau pilih pasanganmu karena dia kulitnya yang putih, aww, di usia senja hormone akan membuat kulitmu yang putih berbintik-bintik hitam.

Atau kau bilang kau pilih pasanganmu karena dia pintar. Aih, kecerdasannya jelas sudah tidak 100% lagi ketika usianya menginjak 50. Mungkin tinggal 20% belum lagi pikun yang biasa menyergap. Atau mungkin jika tidak pikun, mata dan telinga tidak setajam dahulu, sehingga kecerdasannya jelas berkurang.

Bukannya tidak boleh memilih pasangan dengan alasan di atas, tentu dibolehkan. Rasul saja bilang boleh kok. Hanya saja jangan digunakan sebagai pertimbangan utama. Carilah ia yang hatinya baik, setia, menyenangkan. Siapa yang tidak bahagia menua bersama orang seperti ini. Seperti nenek dan kakek-kakek kita yang masih hidup bersama sampai tua.

P.S : I am talking to myself actually.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Blog Design By Use Your Imagination Designs With Pictures from Pinkparis1233
Use Your Imagination Designs