Selasa, 15 Januari 2013

In Darkness, Death!

Tittle                : In The Darkness, Death!
Author              : Dorothy & Thomas Hoobler

Buku yang memenangkan The Edgar Allan Poe Award ini bercerita tentang Seikei Konokei, seorang anak saudagar teh yang diangkat oleh hakim terkemuka di Edo yang juga seorang samurai – Hakim Ooka. Seikei pun dilatih untuk menjadi seorang samurai oleh ayah angkatnya. Hakim Ooka tertarik mengangkat Seikei menjadi anak angkat setelah Seikei membantu memecahkan kasus pencurian permata di  Jalan Tokaido. Menjadi anak angkat keluarga samurai adalah sebuah kehormatan besar, namun sungguh tidak gampang menjadi samurai. Samurai harus menguasai cara berpedang, tetapi juga harus menguasai seni dengan baik, seperti menulis syair dan merangkai bunga.

Suatu ketika terjadi sebuah pembunuhan. Seorang Daimyo yang baru datang ke Edo – Tuan Inaba, dibunuh ketika sedang mengadakan pesta di rumahnya. Tak ada seorangpun yang tahu siapa pembunuhnya karena semua tamu yang hadir di pesta tertidur bahkan termasuk samurai yang bertugas menjaga Tuan Inaba. Hakim Ooka diperintahkan oleh Shogun yang berkuasa untuk menemukan pembunuhnya. Hakim Ooka mengajak Seikei untuk berpetualang mencari pembunuhnya. Satu-satunya petunjuk mengenai pembunuhnya adalah origami kupu-kupu yang ditinggalkan oleh pembunuh. Hipotesa sementara pembunuhnya adalah seorang ninja. Dan perjalanan akan menunjukan apakah ninja yang bertanggung jawab atas kematian tuan Inaba atau bukan. Seikei ditemani oleh Tatsuno, seorang pensiunan ninja, dari Tatsuno lah seikei banyak tahu tentang ninja.

Saya suka sekali buku ini, karena saya jadi tahu tentang Jepang di zaman lampau dalam sebuah cerita petualangan. Setting tempatnya nyata, benar-benar ada di abad ke 18-an. Hakim Ooka-pun adalah tokoh yang memang benar ada. Namun tokoh Seikei dan ceritanya hanyalah fiksi semata. Saya sih tidak menemukan kekurangan yang bermakna dalam buku yang ditulis oleh sepasang suami istri ini. Rasanya wajar saja jika buku ini memenangkan The Edgar Allan Poe Award. Quote yang paling saya suka dari buku ini adalah –Akan selalu ada anjing yang menggonggong dan jika kau hidup untuk membunuh semua anjing yang menggongongimu, usiamu akan habis untuk membunuh mereka.--

0 komentar:

Posting Komentar

 
Blog Design By Use Your Imagination Designs With Pictures from Pinkparis1233
Use Your Imagination Designs