Jumat, 02 Februari 2018

Penyesalanku

Kalau bisa diulang lagi kembali ke masa SMP dan SMA apa yang kamu sesalkan.

Pertanyaan ini bukan untuk berangan-angan doang. Pertanyaan ini buat refleksi kita, apasih yang sebaiknya tidak kita ulangi.

Kalau aku, yang aku sesalkan adalah aku terlalu takut dengan masa depan sampe ga menghargai waktu yang sedang dijalani. Beneran. Aku dulu takut. Aku ntr gede mau jadi apa. Ntr gede sukses ga. Aku khawatir setiap hari. Waktu SMP pelampiasan kekhawatiran aku adalah dengan cara belajar yang rajin. Aku masih dapet rangking 2 waktu di SMP. Dan aku kelas unggulan di sekolah terkemuka. ( walaupun sayangnya saat itu di kelas aku pinter-pinter jadi rangking 2 bisa sampe 6 orang 😂 dan karena aku ga populer ga ada yang tau aku rangking berapa ) Ga mau sombong2an yaa cm mau sharing.. 😋 

Kekhawatiran aku semakin menjadi-jadi saat aku kelas 3 SMP. Aku gatau mau lanjut sekolah di mana. Aku gatau mau jadi apa. Kemudian melemahkan semangat belajarku sampe di titik terendah sampe ga masuk 3 besar lagi.

Waktu SMA aku tambah parah. Aku lebih males lebih gatau mau kemana. Masa depan lebih gelap. Lebih ga jelas. Jadi aku masih masuk 10 besar di 3 semester pertama lalu masuk 15 besar saat 3 semester selanjutnya. 

Lalu aku kuliah semangat mulai naik, lalu kerja dengan gaji kecil semangat naik lagi.    Gagal tes cpns pertama terpuruk. Lalu bangkit lagi. Lalu berserah. Ikhtiar tapi berserah ( gatau apa istilah yang tepat )

Setelah usaha tes cpns kedua. Dengan serius tapi ga terbebani. Lalu ikhlas berserah, sambil percaya aku ikut  jalan-Mu Allah. Lalu aku terima jadi PNS. Ini cita-cita aku. Aku ga malu punya cita-cita kecil ini. Walau dibilang ini pekerjaan remeh temeh. Ga bisa berkembang dll. Lain kali aku akan cerita kenapa aku mau jadi PNS.

Terus aku flashback, aku menyesal dulu selalu ketakutan. Aku nyesel dulu ga memanfaatkan waktu sebaik mungkin untuk mengexplore diri aku, kemampuan aku karena ketakutan.

Pelajaran buat adik-adik yang baca atau mungkin anak aku nanti ( Halo nak, Ibu di sini 😂 ) jangan takut sama masa depan. Belum tentu umur kita panjang. Nikmati aja setiap harinya. Bukan nikmati dengan asal-asalan. Nikmati dengan penuh cinta bukan cinta yang engga diridhoi-Nya juga, nikmati dengan berbuat baik, nikmati dengan keluarga tanpa perlu ketakutan sama masa depan. Karena kamu akan ada di masa depan yang baik kalau kamu lakukan yang baik-baik sebelum sampe ke sana. Aku bersyukur walau aku ketakutan akan masa depan. Aku punya keluarga yang baik yang mendukung, lingkungan pertemanan yang baik yang membuat aku tetap di jalur baik walau kadang-kadang agak belok ( walau ga jauh ya haha ).

Terus ada lagikah yang disesalkan? 
Ada. 

Aku nyesel dulu mikirin cinta-cintaan 😣 ngabisin waktu buat galau ga jelas. Ngabisin waktu buat sedih ga jelas. Pokoknya ga banget deh. Bukannya ga boleh suka sama orang. Boleh banget dan itu wajar. Cuma harusnya ga perlu sedih kalau orang yang kita suka punya pacar. Ga perlu malu lewat depan kelas dia sampe bikin kita muter jauh2. Ga perlu kacaan terus ahh pokoknya aku menyesal mikirin cinta-cintaan dulu 💆‍♀️

Lain kali aku share lagi ya 👋

0 komentar:

Posting Komentar

 
Blog Design By Use Your Imagination Designs With Pictures from Pinkparis1233
Use Your Imagination Designs